7 Tips Memulai Usaha Dari Nol Hingga Sukses

    Dibaca 3040 kali

Ada banyak orang yang ingin menjadi pengusaha tapi sedikit sekali yang berani untuk memulainya. Hal ini tak lepas dari banyaknya ketakutan untuk memulai usaha baru seperti takut gagal, takut merugi dan sebagainya. Padahal kamu belum benar-benar tahu hasilnya bila belum mencoba.

Ada banyak cara bisa kamu coba terapkan untuk memulai usaha baru, terpenting kamu harus tetap memelihara rasa percaya diri dalam setiap keputusan yang kamu ambil dan siap menanggung risiko yang ditimbulkan.

Dalam hal ini untuk mencegah kegagalan dalam membangun usaha berikut ini informasi mengenai cara memulai usaha dari kecil, penting diperhatikan demi kesuksesan dikutip dari Forbes pada Kamis, (23/07/2020).

  1. Memastikan Ide

    Cara memulai usaha dari kecil yang pertama adalah memastikan bahwa ide yang kamu miliki bukan sekedar inovasi dari produk-produk yang sudah ada melainkan memiliki kejelasan dan benar-benar kamu pahami.

    Jangan sampai kamu menghabiskan waktu untuk memulai usaha yang kamu sama sekali belum kuasai bahkan dari ide dasarnya pun. Penting juga mempertanyakan pada diri sendiri mengenai:

    1. Kenapa kamu ingin menjadi pengusaha dan memiliki usaha sendiri?
    2. Kenapa kamu ingin membangun usaha sendiri? apakah kemudian bisnis yang kamu bangun akan tetap kecil atau bisa menjadi besar? siapkah kamu dengan segala risiko yang terjadi dalam usaha kamu?



    Bisa dibilang memastikan ide sama dengan menanyakan kembali kesanggupan diri sendiri, sebab tidak ada usaha yang besar dan sukses dibangun dalam sekejap. Semua butuh usaha dan keyakinan. Jika kamu sudah merasa yakin sanggup menghadapi banyak kemungkinan yang terjadi dalam usahamu, kamu bisa memasuki langkah berikutnya.

  2. Melakukan Riset Sebelum Memulai Usaha

    Setelah kamu memiliki ide dan berhasil meyakinkan diri sendiri, cara memulai usaha kecil berikutnya adalah melakukan riset sebelum memulai usaha.


    Cara memulai usaha dari kecil yang selanjutnya adalah melakukan riset muai dari barang-barang apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen, mencari tahu siapa pesaing kamu, perhatikan harga barang melalui pertimbangan biaya yang dikeluarkan dan keuntungan yang ingin didapat.

  3. Terima Segala Resiko

    Mendengar adalah kunci dari sukses. Dengarkan saran dari senior bisnis dan dari siapa pun yang mengerti persoalan bisnis. Dengan mendengarkan kamu akan memiliki pengetahuan baru dan kembangkan secara terperinci.

    Dengarkan pendapat kolektif dari teman sebaya atau saudara karena mereka akan menjadi cerminan bagaimana rekasi konsumen akan produk yang kamu buat. Jika kamu ingin usaha kecil yang kamu mulai berkembang maka sebaiknya kamu jangan abaikan kekuatan nasihat.

  4. Buat Rencana Usaha

    Dasar dari sebuah usaha yang akan dijalankan adalah adanya perencanaan usaha atau sering disebut business plan. Orang yang memulai usaha baru sering kali mengalami kegagalan, salah satu di antaranya disebabkan karena pada saat membuka usaha tidak menyusun perencanaan terlebih dahulu, sehingga apa yang dilakukan tidak didasarkan pada perhitungan awal.

    Yang terpenting dalam cara memulai usaha dari kecil adalah menyusun rencana matang. Rencana perlu disusun betapapun sederhananya secara tertulis.

    Rencana bisnis akan membantu kamu untuk mendapatkan keuntungan dalam berbisnis, memahami kebutuhan uang, dan memberi kamu peta untuk menghidupkan bisnis kamu . Rencana bisnis yang matang dalam hal ini bisa jadi aset besar, maka dari itu dalam menyusun rencana bisnis perhatikan dengan baik dan menyeluruh.

  5. Buatlah Yang Sederhana


    Sebagai pemula dalam hal bisnis, mulailah dengan bisnis baru yang sederhana ketimbang langsung membuat bisnis besar yang akhirnya membuat produk mahal dan tidak diinginkan oleh banyak orang. Cara memulai usaha dari kecil tersebut dapat mencegah gagalnya bisnis di awal.

  6. Lakukan Secara Bertahap

    Sebagai pengusaha baru, memerlukan waktu untuk dapat menghasilkan pendapatan tetap hingga usaha kamu berjalan dengan sendirinya secara stabil.

    Untuk memperoleh penghasilan tetap, dibutuhkan pengorbanan ditahap-tahap pertama. Setelah arus bisnis mulai tergambarkan maka saat itulah kamu memiliki arus kas yang sehat.

  7. Percaya Diri Terhadap Bisnis Yang Telah Dimulai

    Cara memulai usaha dari kecil yang terkahir adalah dengan meyakinkan diri sendiri. Percaya diri dengan bisnis buatan kamu agar dapat lebih meyakinkan konsumen untuk menggunakan produk yang kamu buat. Hilangkan rasa khawatir dalam diri kamu  dan mulailah untuk membicarakan usaha yang telah kamu mulai di depan umum.

    Besar kecilnya suatu usaha tentunya dilihat juga dari modal yang ada. Bicara modal tentunya bicara tentang kemampuan financial di tiap masing-masing usaha yang mau kita rintis. Seberapapun modal yang kamu butuhkan bisa saja di wujudkan dengan mengajukan pinjaman modal usaha di BPR Pinang Artha. Kami memberikan kemudahan  untuk Anda mendapatkan modal sesuai yang Anda butuhkan. SIlahkan konsultasikan ke CS kami di 087892440811. Suku bunga yang kompetitif dan prosedur nya juga mudah tidak berbelit-belit. Lamanya jangka waktu pinjaman juga bisa sampai 5 tahun. Jadi silahkan kamu manfaatkan kesempatan ini untuk bisa memulai bisnis yang kamu minati.