Usaha Les Privat

    Dibaca 1010 kali

Situasi belajar mengajar dalam masa pandemic ini kadang membuat orang tua di rumah frustasi menghadapi anak yang belajar secara online. Dengan segala keterbatasan alat belajar secara virtual, konsep pemahaman materi yang diberikan belum tentu bisa dimengerti oleh anak ketika belajar di rumah. Dengan waktu yang terbatas dan materi yang cukup padat, orang tua kadang tidak sabar dan tidak mengerti harus bagaimana mengajarkan anaknya.

Kondisi ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda yang memiliki kemampuan kognitif dan pengetahuan dalam bidang tertentu menjadi guru les privat agar membantu keluhan para orang tua di rumah yang kesulitan untuk mengajarkan anaknya.

Berikut ini bisa menjadi tips Anda untuk memulai usaha Les Privat :

  1. Membuat sesuatu yang unik
    Memiliki keunikan sendiri bisa menjadi unique selling point Anda dalam berkompetisi dengan kompetitor lain.  Hal ini bisa membuat anak didik / murid Anda lebih pintar dan mengetahui secara mendalam atas suatu mata pelajaran yang tidak diajarkan sama sekali di sekolah. Misalkan saja Anda menggunakan metode cara belajar learning revolution yang sedang popular di kalangan pengajar.
  2. Menentukan pangsa pasar
    Menentukan pangsa pasar yang Anda jalankan sangat penting karena akan menentukan sukses tidaknya bisnis Anda di masa mendatang. Agar Anda bisa fokus dalam menyiapkan diri terhadapat murid Anda nantinya. Segment yang bisa dipilih adalah anak didik untuk Pendidikan TK, SD, SMP atau SMA
  1. Mempersiapkan modal usaha
    Dalam membuka usaha les privat secara online tidak perlu modal yang besar untuk persiapan awalnya. Alat yang Anda butuhkan hanya laptop / komputer dan alat pendukung lain untuk materi mengajar. Untuk mendukung secara finansial usaha Anda ini bisa saja Anda mengajukan pinjaman kredit usaha di Bank BPR Pinang Artha. Bank ini memberikan pinjaman untuk modal kerja bagi Anda yang membutuhkan tanpa persyaratan yang berbelit-belit dan prosesnya cepat.
  1. Sikap mental dan pantang menyerah
    Usaha les privat Anda akan sia-sia jika Anda tidak memiliki sikap mental yang baik dan pantang menyerah. Selain modal utama Anda yakni kemampuan ilmu yang diajarkan untuk anak didik, usahakan Anda juga memiliki jiwa melayani. Karena usaha Anda ini bergerak di bidang jasa. Jika Anda mengalamai perasaan banyak kendala dan hambatan selama menjalani usaha ini, Anda tetap harus berpikiran positif, mental yang baik, ulet dan pantang menyerah.
  1. Melakukan promosi
    Langkah yang sangat penting untuk mengenalkan usaha les privat Anda adalah melakukan promosi yang tepat. Gunakanlah sosial media yang Anda miliki dan jaringan networking untuk bisa mengenalkan usaha Anda kepada masyarakat umum.

 

Sumber :

https://www.merdeka.com/trending/5-peluang-usaha-saat-pandemi-ciptakan-pundi-pundi-rupiah-kln.html?page=all