Vaksin Pertama BPR Pinang Artha

    Dibaca 119 kali

Tepat pada hari Perawat Nasional tanggal 17 Maret 2021 yang jatuh pada hari Rabu, ribuan warga Tangerang mengikuti kegiatan vaksinasi massal dosis 1 bertempat di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Sesuai Surat Undangan Vaksinasi Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang, jumlah sasaran yang akan mendapatkan vaksin sebanyak 4381 orang; terdiri dari para pelayan publik Kota Tangerang yang bergerak di bidang hotel, resto, travel, UMKM, Notaris & PPAT, petugas Lapas & OPD, PLN, Gapensi, BPS, termasuk BPR dan BPRS se-Kota Tangerang.

 

BPR Pinang Artha ikut mengambil kesempatan ini dengan mendaftarkan para karyawan yang memenuhi syarat sesuai ketentuan, dan telah melalui skrining kesehatan sebelumnya. Peserta vaksin harus mengisi form yang sudah diberikan oleh petugas Dinas Kesehatan lewat HRD masing-masing. Kemudian datang pada pukul yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Proses awal masuk antrian untuk dicek oleh petugas kelengkapan dokumen yang dibawa. Kemudian selanjutnya peserta duduk antri sesuai dengan panggilan petugas yang mengatur. Terlihat ada beberapa meja, meja pertama adalah bagian administrasi untuk pencocokan data diri dan NIK. Kemudian meja kedua untuk pengecekan Kesehatan, yang dilakukan adalah mengecek tensi peserta. Jika tensi diatas 180 maka disarankan untuk rehat sejenak kemudian dicoba lagi sampai tiga kali. Jika tidak lolos juga, maka tidak diberikan vaksin. Ini sudah merupakan standar operasional Kesehatan dalam pemberian vaksin. Kemudian meja selanjutnya bertemu dengan dokter yang memberikan pertanyaan-pertanyaan standar yang dilakukan pra vaksin. Setelah itu di meja terakhir dilakukan vaksin di tangan kiri bagian atas. Setelah suntik, maka peserta diberikan waktu 30 menit untuk skrining apakah mengalami gangguan atau efek samping yang dirasakan setelah vaksin.

Jika 30 menit selesai tanpa merasakan keluhan apa-apa, maka peserta bisa pulang dan mendapatkan tautan e-sertifikat vaksin pertama lewat SMS.

Vaksin tidak mencegah penularan, tetapi mencegah seseorang jatuh sakit atau sakit berat; sehingga walaupun telah mendapatkan vaksinasi protokol kesehatan tetap harus ditaati dan dilaksanakan dengan disiplin 6 M :

  1. Memakai masker dengan benar
  2. Menjaga jarak aman dengan orang lain
  3. Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun
  4. Membatasi/ mengurangi mobilitas (yang tidak penting)
  5. Menghindari kerumunan
  6. Menjaga pola makan sehat dan istirahat cukup

Semoga dengan adanya vaksinasi Covid-19, penyebaran virus dapat ditekan dan angka penyebaran pandemi semakin kecil, menuju Indonesia Sehat dan Indonesia Bekerja demi Indonesia Maju.