Tips bisnis modal kecil untung besar ala Susi Pudjiastuti

    Dibaca 1267 kali

Salah satu bukti bisnis modal kecil bisa memberi untung besar adalah kisah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Pada masa kecilnya Susi memutuskan berhenti sekolah dan mulai menjalani usaha bermodalkan hanya Rp 750 ribu. 

Dengan modal tersebut, ia mendirikan bisnis perikanan dan terjun langsung ke pelelangan ikan untuk menjualnya pada sejumlah restoran. Tentu saja, perjalanan Susi tak selalu mulus. Tapi, berkat kegigihannya, ia berhasil memasarkan produknya hingga ke luar negeri. 

Untuk meniru kesuksesannya berikut tips berbisnis modal kecil ala Susi Pudjiastuti :

  1. Pintar mengelola uang

Dalam berbisnis, kekhawatiran soal uang terkadang dialami, terlebih pada bisnis modal kecil. Oleh sebab itu, kemampuan mengelola uang harus dikuasai atau setidaknya terus dipelajari. 

Meski usaha diawali secara kecil-kecilan, pastikan tetap luangkan waktu untuk mengatur dan mengevaluasi arus kas bisnis.

Sebaiknya, hindari mencampur uang pribadi dan uang usaha. Selain itu, pastikan strategi yang dipilih tidak membuat pasak jadi lebih besar daripada tiang.

  1. Fokus

Bagi Susi, sikap fokus adalah salah satu kunci berbisnis untuk pemula. Menurutnya, dalam menekuni bisnis yang dipilih, kita perlu mencurahkan tenaga dan pikiran pada bisnis tersebut.

Bagi karyawan, bukan berarti kamu tak bisa membuka bisnis sebagai usaha sampingan. Asalkan mampu memisahkan urusan kantor dan bisnis, serta tak setengah hati dalam menjalani bisnis, menjalani usaha sebagai pekerjaan sambilan tetap bisa dilakukan.

  1. Tak berhenti berinovasi dan mengikuti trend

Untuk terus mengikuti keperluan dan minat pasar, Susi Pudjiastuti menyarankan para pengusaha untuk tak berhenti berinovasi. Menurutnya, sangat penting melakukan pembaruan produk atau jasa agar pelanggan tak beralih ke yang lain.

Oleh sebab itu, mau tak mau, sebagai pengusaha kamu harus mengetahui tren yang ada. Bukan berarti harus selalu terbawa arus tren, melainkan melakukan inovasi yang tak ketinggalan zaman dan sesuai kebutuhan pelanggan.

 

  1. Gigih dan menyukai apa yang dikerjakan

Kesuksesan Susi Pudjiastuti tentu tak akan ia raih tanpa kegigihan. Bukan sekali dua kali ia mengalami penolakan saat menjalani usahanya. Namun, hal itu tak membuatnya menyerah dan berhenti. 

Menurut Susi, hal itu bisa ia lakukan lantaran ia menyukai apa yang ia kerjakan. Dengan begitu, ia bisa total dan bekerja keras tanpa perasaan terpaksa. Bagi Susi, menjadi pengusaha bukan hanya soal materi, tapi juga bentuk pencapaian yang layak diraih.

  1. Jangan larut dalam kegagalan

Dalam berbisnis, bukan hanya modal materi yang diperlukan, tapi juga mindset dan mental sebagai pengusaha. Salah satunya adalah tak mudah menyerah dan pantang larut dalam kegagalan. 

Susi beranggapan, jika kita terlarut dalam kegagalan, energi yang kita miliki akan terkuras untuk hal-hal negatif, sehingga sulit untuk bangkit kembali. Setiap pengusaha besar pasti telah melewati berbagai kesulitan dan memilih tidak menyerah.

 

Sumber :

https://www.gobear.com/id/blog/personal-finance/ini-8-ide-bisnis-modal-kecil-untung-besar-cuma-rp-1-jutaan